qiemokie

Welcome to Suritech website

Tentang Kami

Tantangan untuk memanfaatkan hasil tangkapan sampingan (bycatch) dari kegiatan perikanan pukat udang di Laut Arafura mengilhami lahirnya mesin pemisah daging dan tulang ikan (fish meat bone separator).  Adalah Prof. Dr. Ari Purbayanto, Eddi Husni, ST M.Si, Ir. Beni Pramono, M.Si dan M. Riyanto, S.Pi, M.Si, yang mewujudkan teknologi tepat guna ini untuk memanfaatkan potensi bycatch yang begitu melimpah.  Teknologi tepat guna yang pada mulanya diberi nama “Arius Fish Meat Bone Separator” ini pertama kali diterapkan di Propinsi Papua pada pilot project kerjasama PEMDA Papua dan PT. Sucofindo pada tahun 2005.

Dalam perjalanannya, permintaan terhadap mesin ini terus meningkat dari berbagai daerah di Indonesia, tidak terbatas pada pemanfaatan ikan-ikan bycatch tetapi juga untuk meningkatkan nilai tambah ikan-ikan ekonomis rendah.  Beberapa jenis ikan ekonomis rendah yang mudah diperoleh dengan jumlah yang mencukupi antara lain kurisi, kuniran, maupun gulamah merupakan bahan baku surimi yang potensial. Hasil pemisahan daging dan tulang ikan dengan mesin ini dapat diolah lebih lanjut menjadi surimi atau produk olahan seperti baso, nugget, kerupuk , otak-otak maupun sosis ikan yang memiliki rasa lezat dan bergizi tinggi.

Terdorong untuk memajukan perikanan dan mengembangkan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di bidang perikanan, maka improvisasi dan penyempurnaan mesin ini terus dilakukan sehingga kemudian lahirlah nama “Suritech™”.  Pada tahun 2006 kami yang tergabung dalam Research Working Group on Coastal Fisheries Development Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan FPIK IPB (Prof. Dr. Ari Purbayanto, M.Sc, Eddi Husni, ST M.Si, Ir. Beni Pramono, M.Si,  M. Riyanto, S.Pi M.Si dan Adi Susanto, S.Pi) bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Program IPTEKDA LIPI melakukan pembinaan terhadap 2 UKM di Palabuhanratu. UKM tersebut adalah KUB Tiga Waja yang memproduksi baso dan KUB Hurip Mandiri yang memproduksi otak-otak, nugget, kerupuk dan abon ikan. Hasil modifikasi dan penyempurnaan terhadap mesin Suritech™ kemudian diaplikasikan melalui kedua UKM tersebut.

Potensi jenis ikan-ikan ekonomis rendah yang begitu besar dan pemanfaatannya yang belum optimal menjadi faktor utama yang memberikan dorongan bagi semua anggota tim untuk terus mengembangkan mesin “Suritech™” sehingga mampu menjadi pilihan bagi pengembangan mata pencaharian alternatif masyarakat pesisir.  Penggunaan mesin “Suritech™” melalui pengembangan kelompok-kelompok UKM di kalangan masyarakat pesisir akan menggerakkan roda ekonomi nelayan sehingga akan memicu tumbuhnya usaha-usaha pengolahan terkait. Usaha-usaha pengolahan tersebut misalnya pembuatan kerupuk, baso, otak-otak, nugget dan lain-lain.

Semangat untuk menjadi penggerak ekonomi masyarakat pesisir melalui teknologi Suritech™ sebagai teknologi tepat guna (TTG), dan keinginan untuk memasyarakatkan Suritech™ keseluruh pelosok tanah air terjawab melalui program Inkubasi RAMP (Recognition and Mentoring Program) pada tahun 2007. Melalui program ini, maka lahirlah workshop khusus yang bergerak dalam pengembangan mesin pemisah daging dan tulang ikan dengan nama PT. Samudera Teknik Mandiri yang memproduksi mesin Suritech™. Dengan slogan The Innovative Technology Manufacturing, Samudera Teknik Mandiri terus berkembang untuk melahirkan inovasi-inovasi teknologi yang menjadi kebutuhan masyarakat, bukan hanya terbatas pada mesin Suritech™ tetapi juga teknologi pasca pengolahan seperti teknologi pembuatan  bakso, nugget, otak-otak, empek-empek kerupuk ikan dan produk olahan lainnya.

Personil :

Direktur : Ir. Beni Pramono, M.Si

Kepala Administrasi & Keuangan : Adi Susanto, S.Pi, M.Si

Tenaga Ahli : Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc

 Tenaga Ahli: M. Riyanto, S.Pi M.Si

Tim Samudera Teknik Mandiri - Pengharhaan Rintek 2010

 

 

 

 Alamat :  Jl. Sindang Barang Pilar I Villa Ratu Endah RT. 05 RW. 06 Kelurahan Sindang Barang Kota Bogor Jawa Barat

Telp/fax : 0251-8625961

Hp. 0852-1730-2904 (Adi Susanto)

Hp. 0815-8409-2612 (Beni Pramono)

 

  • Video


Suritech-TM: Mesin pemisah daging dan tulang ikan (fish meat-bone separator) hasil invensi Tim Riset FPIK-IPB siap digunakan masyarakat.

Loading...